Monday, 15-10-2018 07:27:14 pm
Home » LINGKUNGAN » DIDUGA LIMBAH PT DUA KELINCI SAMPAI KE ALIRAN SUNGAI JUWANA

DIDUGA LIMBAH PT DUA KELINCI SAMPAI KE ALIRAN SUNGAI JUWANA

(1149 Views) October 5, 2017 1:33 am | Published by | No comment

plastik dan karung bekas bercampur tanah di aliran sungai juwana

KABARDESA, Pati. Dalam kegiatan pembuatan saluran air ditengah sungai juwana pada sabtu ( 23/09 ) para petani yang sedang melakukan gotong royong merasa menemui kesulitan hal tersebut dikarenakan banyaknya sampah plastik dan juga sampah karung bekas, sehingga petani menghentikan kegitan tersebut. dan dilanjutkan dengan menggunakan bego atau exsavator.

dalam proses gotong royong tersebut ada yang mengatakan bahwa sampah plastik dan karung bekas itu buangan dari pabrik kacang PT. dua kelinci, dan petani lain juga menduga demikian.  juga ada yang menambahkan bahwa jika hujan lebat sering membuang limbah yang menyebabkan ikan disungai menjadi mabuk. kejadian tersebut sudah terulang berkali-kali dan dijangka waktu yang lama.



tumpukan sampah plastik dan karung bekas itu banyak didalam aliran sungai juwana ditepi utara tepatnya dimulut aliran sungai dari arah pabrik kacang PT. dua kelinci.

gambar lokasi sampah plastik dan karung bekas / gambar diambil dari google earth

jurnalis kabar desa mencoba mengklarifikasi dugaan tersebut kepihak PT. dua kelinci. Dan disambut oleh pihak menejement dalam penjelasaannya pihak menejemen mengatakan bahwa pengelolaan limbah mereka sangat baik bahkan setiap bulan dicek dari dinas BLH Pati ( Balai Lingkungan Hidup ). sehingga tidak mungkin sampah plastik, karung bekas dan limbah cair kami sampai dialiran sungai juwana. karena sampah plastik itu kami jual dan karung langsung dikembalikan kepada penjual kacang tanah yang setor diperusahaan kami. Untuk pengelolaan limbar cair perusahaan melakukan netralisasi air yang baik dan dikolam limbah kami yang akan kita buang kami tempatkan ikan nila atau ikan yang banyak hidup disungai, sedangkan fungsi ikan-ikan tersebut sebagai bio indikator. sehingga limbah yang kami buang sudah netral atau aman. Karena pada dasarnya perusahaan kami adalah memproduksi makanan sehingga kami menggunakan standar FOOD GRADE. hal tersebut memang sudah menjadi dasar bagi kami, karena konsumen kami juga dari mancanegara yang mana negara – negara tersebut juga sangat ketat dalam standar kesehatan dan juga pengelolaan limbah. jadi kami tidak mungkin bermain main dengan pengelolaan limbah. ” jadi jika ada sampah yang sampai dialiran sungai juwana mungkin itu sampah dari perusahaan lain atau juga limbah dari masyarakat “ ujar salah satu menejemen PT. Dua Kelinci.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry

Published by

Categorised in:

No comment for DIDUGA LIMBAH PT DUA KELINCI SAMPAI KE ALIRAN SUNGAI JUWANA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *